Jumat, 05 Februari 2010

Trik Ketika Buka Bisnis “Online”

Trik Ketika Buka Bisnis “Online”

Jika jenuh dengan pekerjaan atau ingin menambah penghasilan, tidak ada salahnya jika mencoba bisnis online dengan membuka toko online (website). Murah, mudah, cepat adalah kelebihan dalam bisnis online.
Dengan peningkatan Jumlah masyarakat yang “melek” internet meningkat, peluang bisnis online semakin besar. Media pembelajaran online marketing, e-book, kursus maupun seminar tentang pemasaran lewat internet pun semakin mudah di dapat.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin menjalankan bisnis online, yaitu:
• Pilih jenis usaha online, misalnya usaha sendiri atau reseller (menjual kembali). Bidang usahanya bisa penjualan pernak-pernik, makanan, pakaian, buku, dan sebagainya. Jangan lupa memberikan garansi terhadap produk untuk meraih kepercayaan konsumen. Kepercayaan pelanggan adalah kunci utama keberhasilan bisnis online.
• Alokasikan waktu untuk menangani toko online. Bagi orang kantoran, bisnis ini bisa dikerjakan di malam hari agar tidak mengganggu waktu kerja.
• Rencanakan dengan matang tentang ruang kerja, keuangan, bahan baku, tenaga kerja, produksi, dan pemasaran.
• Berikan citra yang professional, misalnya dengan membuat website yang menarik. Tampilkan alamat jelas, nomor kontak, dan foto-foto produk yang di tawarkan. Buatlah rekening bank tersendiri dan nomor telepon khusus untuk toko online.
• Selain website, bergabunglah dalam situs jejaring sosial. Hal ini akan mendukung dalam upaya promosi dan pemasaran.
• Mintalah dukungan dan bantuan dari keluarga, baik pasangan, anak, orang tua, maupun keluarga.
• Sebaiknya website terindeks di search engine (yahoo, google, dan lain-lain) dan mudah ditemukan. Bagi pemula, pemakaian blog lebih cocok. Blog juga bisa menjadi pendukung website.
• Bermitralah dengan jasa pengiriman terpercaya.
• Jujur, tekun, berdoa, dan terus belajar. Pengetahuan tentang bisnis online perlu diasah, misalnya tentang internet marketing dan dasar-dasar membuat web atau blog.

Agar bisnis online lancar, sebaiknya anda melakukan komunikasi berkesinambung dengan pelanggan. Gunakan sistem pembayaran bisnis online dengan uang muka (down payment / DP). Setelah itu, pelunasan pembayaran bisa Dilakukan setelah barang diterima pembeli.
Perlu diingat, bisnis online ini merupakan usaha sampingan. Sebaiknya jangan menomorduakan pekerjaan utama, kecuali jika ingin totalitas dalam bisnis online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar