Jumat, 05 Februari 2010

Mempertimbangkan Performa Server Lokal

Mempertimbangkan Performa Server Lokal

DALAM sistem komputerisasi di sebuah institusi maupun perusahaan, server menjadi kata yang jamak didengar. Ini adalah inti dari bisnis berbasis sistem informasi. Beberapa UKM dan koperasi di Indonesia sudah mulai mengadopsi sistem tersebut, setidaknya sebagai gerbang menuju internet.
Mengiringi dorongan pemerintah untuk menggunakan merek dalam negeri, beberapa vendor lokal mulai memperkenalkan perangkat server dalam negeri. Hal tersebut tak lepas dari kesuksesan PC (rakitan) dan notebook lokal yang hadir sebelumnya.
Keraguan orang untuk menggunakan produk lokal memang kerap menjadi kendalam, termasuk untuk server. Padahal server lokal pada dasarnya merupakan barang yang “branded” karena semuannya menggunakan merek (brand) yang jelas. Beberapa contohnya, Rainer, Extron, dan Zyrex. Ketiganya bekerja sama dengan vendor terkemuka, Intel Corporation –untuk mewujudkan server berkualitas tinggi dengan harga relatif lebih terjangkau.
Kualitas server lokal pun patut diperhitungkan. Pasalnya sebuah komputer dibangun melalui spesifikasi tertentu yang dibuat oleh vendor yang sama. Jika sebuah brand ABC menggunakan Processor Intel Xeon, maka dapat dipastikan Rainer, Extron, dan Zyrex menggunakan tipe processor yang sama Memiliki performa yang sama. Perbedaanya hanya tempat dimana produk itu dirakit.
Intel merupakan nama yang tak asing, Dalam ranah server , Intel merilis berbagai produk dalam solusi server. Perangkat-perangkat yang tersedia antara lain, processor, chipset controller, motherboard, card, modular, chassis, dan peripheral.
Semua faktor ini dimanfaatkan oleh berbagai brand server (baik luar maupun lokal) sebagai platform produk yang mereka keluarkan.

Ada beberapa nilai tambah pada server lokal yang dapat dipertimbangkan yaitu, harga relatif lebih terjangkau, karena server lokal dirakit dan dipasarkan secara lokal; kualitas setara dengan server branded.
Spesifikasi server lokal pun fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal; server lokal juga mudah di-upgrade karena perangkat utama (primary devices) seperti HDD dan RAM merupakan merek ritel yang mudah ditemukan dipasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar