Jumat, 05 Februari 2010

Multimedia Definisi Tinggi dalam Komputer Minimalis

Multimedia Definisi Tinggi dalam Komputer Minimalis

NETTOP.
NETTOP
Multimedia Definisi Tinggi dalam Komputer Minimalis
Bagi kebanyakan orang, kehadiran komputer jinjing khususnya kategori netbook menjadi pilihan menarik karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan mengubah secara drastis persaingan industri komputer pada umumnya. Tidak ada perusahaan komputer yang tidak menawarkan netbook dalam daftar produknya.
Persoalannya, dalam era digitalisasi, multimedia, serta pesatnya aktivitas jejaring digital sosial, sering kali netbook tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan yang lebih luas, terutama terkait dengan aktivitas multimedia. Secara perlahan, digitalisasi dan multimedia sekarang bergerak secara cepat, khususnya video, menuju ke tayangan definisi tinggi.
Berbagai video definisi tinggi dalam format HD maupun Bluray sekarang banyak tersedia, dan menjadi tontonan yang mengasyikkan, karena kemampuan video definisi tinggi yang secara jernih dan tajam menayangkan berbagai adegan menjadi lebih realistis. Dan netbook atau komputer jinjing di luar kategori itu memiliki persoalan karena memang tidak dirancang untuk keperluan definisi tinggi.
Keperluan digitalisasi
Dari berbagai perusahaan komputer di dunia, mulai dari multinasional sampai perusahaan yang mulai berusaha untuk mengembangkan merek sendiri, mulai bermunculan konsep baru untuk menyambut era digitalisasi definisi tinggi. Salah satu di antaranya adalah Manli Technology Company Limited, perusahaan asal RRC yang berbasis di Shenzhen, yang memperkenalkan konsep Nettop, komputer keperluan desktop untuk mengakses jaringan internet.
Produk Manli (diterjemahkan sebagai 10.000 kecantikan) yang disebut T1 ini memang mampu menerjemahkan kecantikan yang beribu-ribu itu dalam konsep desain komputer desktop yang futuristik serta pilihan komponen yang andal untuk dijadikan sebagai perangkat untuk berbagai keperluan digitalisasi.
Manli T1 Nettop menggunakan prosesor Dual Core Atom 330 buatan Intel Corporation dengan kecepatan komputasi mencapai 1,66 GHz serta dibungkus dengan cip prosesor grafik yang andal bagi keperluan multimedia definisi tinggi Nvidia ION (IGP9400) yang mampu menghadirkan format 1080p dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel.
Prosesor yang menghadirkan empat inti dan Nvidia ION adalah kombinasi yang akan menjadi tren untuk tahun ini. Penggunaan prosesor Atom jelas menghemat energi karena konsumsi catu listrik yang rendah, dan penggunaan Nvidia ION tidak hanya mampu menayangkan video digital definisi tinggi, tetapi mengasyikkan dalam penggunaan permainan komputer dalam tiga dimensi.
Manli T1 yang memiliki berat kurang dari 1 kg ini pun dirancang secara futuristik dengan dimensi 190 x 150 x 25 mm yang tidak lebih tebal dari buku yang ada di rak kita. Kapasitas memori yang bisa ditambah sampai dengan 4 GB DDR2, Manli T1 juga memiliki berbagai koneksi jaringan LAN 10/100 atau nirkabel 802.11 b/g memberikan kemudahan untuk mengakses jaringan di mana saja.
Kinerja tinggi
Manli T1 Nettop memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan multimedia definisi tinggi, seperti tersedianya koneksi high definition multimedia interface (HDMI) serta koneksi video graphic adaptor (VGA) yang memungkinkan untuk menggunakan dua monitor definisi tinggi 1080p secara bersamaan.
Selain itu, mereka yang memilih Manli T1 Nettop juga memiliki kapasitas penyimpanan digital hard disk yang besar sampai dengan 250 GB. Atau, ada juga pilihan untuk menggunakan hard disk jenis baru yang lebih cepat solid state disk (SSD) atau memori kualitas tinggi buatan Corsair.
Kombinasi komponen motherboard Manli serta penggunaan SSD dan memori Corsair, menjadikan Manli T1 ini tidak hanya menjalankan fungsi komputer yang nyaman, cepat, dan bisa diandalkan, tetapi juga sebagai sentra media digital yang menayangkan berbagai video digital definisi tinggi.
Sebagai komputer yang ditempatkan di meja kerja atau belajar, Manli T1 Nettop akan memuaskan siapa saja yang menggunakan. Penggunaan sistem operasi Windows 7 terbaru buatan Microsoft akan mengubah perspektif orang-orang jejaring digital yang sudah tidak lagi sabar menunggu kemampuan komputasi komputer yang digunakan.
Kehadiran Manli T1 Nettop adalah konsepsi awal untuk menghadirkan multimedia digital definisi tinggi yang harganya terjangkau. Rancangan minimalis yang futuristik juga akan menarik minat siapa saja yang menggunakannya, karena berukuran ringkas, ternyata mampu menghadirkan kinerja tinggi untuk menghadirkan dimensi multimedia digital yang akan menjadi tren penting dalam waktu dekat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar