Jumat, 05 Februari 2010

Bikin Hosting Sendiri

Bikin Hosting Sendiri

Asyik rasanya kalau punya hosting atau website sendiri. Bisa bikin mailing list, news letter, dsb, tanpa ketergantungan dengan website tertentu. Selain itu lebih privasi, berkomunikasi lebih mudah. Berbeda dengan pembuatan homepageyang memerlukan biaya sangat besar.
Namun begitu, ada beberapa kelemahan dari hosting ini, yaitu temporer (tergantung dari situs yang kita tumpangi), kapasitasnya lebih sedikit ketimbang homepage, artinya, kalau melebihi kapasitas kita bisa kena charge.
Beberapa situs yang menawarkan free space untuk menyimpan design web atau hosting bagi mailing list (milis) dan news letters kita diinternet antara lain:
• www.lycos.com
• www.poscities.com
• www.yahoo.com
• www.Bravenet.com
• www.yourmailinglistprovider.com
• www.topica.com
• www.messagebot.com
• www.zinester.com
• www.netpals.com
• www.myfreehosting.com
dan masih banyak lagi sirus lain yang menawarkan hosting.
Mari kita perhatikan beberapa situs yang menyediakan hosting alternatif yang ada diinternet. Namun mungkin perlu diketahui bahwa ada dua jenis milis, yaitu discussion list dan announcement list.
Discussion list memungkinkan pelanggan memposting e-mail ke milis. Jenis ini mungkin dapat kita kenal dengan baik, karena banyak dari kita yang sudah berpartisipasi. Umumnya digunakan untuk menciptakan komunitas diskusi atau obrolan maya karena kesamaan primordial atau minat.
Sedangkan announcement list umumnya hanya digunakan untuk kepentingan penyebaran informasi yang umunya bersifat marketing. Pada milis jenis ini, peserta milis tidak berhak memposting pesan. Atau kalaupun bisa posting, kewenangan memuatnya berada ditangan moderator.
Diluar Yahoo! Groups, justru jenis announcement list inilah yang banyak dijumpai. Layanan ini mengunggulkan fitur pembuatan newsletter. Yah . . memang jenis milis merupakan sarana yang pas buat menyelenggarakan online newsletter atau e-zine.
1. Pilih salah satu situs yang memiliki kategori daya space paling banyak dan jangka waktu tayang yang lebih lama (itu bisa dipelajari dari situs terkait yang menyediakan fasilitas free space, dengan cara membuka situs tersebut dan masuk kedalam menu upload atau free website, perhatikan ketentuannya).
2. Pembuatan website World Wide Web (WWW) adalah jaringan informasi yang terdiri dari teks dan gambar yang disebut Hyper Text. Web milik seseorang disebut homepage. WWW cocok untuk media iklan, seperti profil perusahaan, catalog atau brosur.
WWW ditulis dengan bahasa Hyper Text Markup Language (HTML), dan mempergunakan protokol Hyper Text Transport Protocol (HTTP) untuk berkomunikasi satu sama lain. System pengalamatannya memakai Uniform Resource Locator (URL), yang menunjukan nama domain, directory serta nama file pada homepage tersebut.


Langkah-langkah :

*Design dulu konsep susunan feature (fitur)/ menu tampilan beserta infrastrukturnya. (teks + gambar)

*Jika akan membuat gambar, design dulu gambarnya pada aplikasi software seperti misalnya: corel draw, photoshop dan untuk teks di pageMaker, semua teks dan gambar dibuat terpisah dahulu, kalau bisa disebut ini adalah bahan-bahannya.

*Jika sudah selesai save pekerjaannya, lalu buka software control programming seperti macromedia dreamweaver, lakukan design berdasarkan keinginan dan bahan-bahan yang telah dibuat dapat diangkat dan diolah didalam software ini sehingga benar-benar sesuai dengan keinginan kita.

*Setelah selesai kemudian lakukan save pada disk.

*Lakukan percobaan dengan menekan tombol play difitur software ini, jadi bisa terlihat apakah sudah sempurna program web yang kita buat. Jika belum maka kita tinggal kembali untuk mengeditnya. Apabila sudah selesai dan cocok dengan apa yang diharapkan, maka tekan save dan uji dengan menekan tombol play lagi sebelum semua program ini di upload kesitus internet.

*Buka situs yang menyediakan fasilitas free space, kemudian buka menu free website dnkemudian setelah masuk isi nama situs yang diinginkan dan upload program yang telah kita buat kedalam situs ini. Contohnya saja, www.lelepatiel.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar