Kamis, 09 Mei 2013

Memilih Jodoh


Memilih jodoh termasuk pandangan hidup seorang manusia untuk memperpanjang keturunan. Tetapi memilih jodoh adalah masalah paling sulit didalam hidup setiap insani, baik pria maupun wanita. Sebab, kesuksesan atau kegagalan mereka dalam berumah tangga juga dirasakan oleh anak, keluarga dan keturunannya.

Dalam kehidupan bermasyarakat, perkawinan dan pernikahan sangat diperlukan. Tujuannya adalah untuk meneruskan kehidupan umat manusia di bumi ini. Perkawinan merupakan fitrah bagi setiap makhluk Allah SWT dan menjadi asas bagi melanjutkan bahtera kehidupan. Dalam kehidupan bermasyarakat, sering kali kita dengar ungkapan; jodoh pertemuan, ajal maut di tangan Tuhan. Pendapat ini baik karena ia dapat mendidik manusia dengan sifat qana'ah (bersyukur dengan apa yang ada) tetapi, wujud pula manusia yang terlalu cepat menyerah kepada takdir, tanpa sebarang usaha.


Dengan pasangan hidup hasil dari pilihannya, seseorang akan memperoleh kebahagiaan seperti apa yang dicita-citakannya ataupun kesengsaraan yang tidak pernah diinginkan. Memilih jodoh ini bukan hanya untuk sementara, tetapi untuk selamanya. Maka dari itu pandangan hidup ini menjadi cita-cita yang diinginkan. Terasa bagai surga dunia, bagi mendapatkan pasangan hidup yang sempurna. Keluarga pun menjadi keluarga yang sempurna keluarga yang selalu diidam-idamkan oleh setiap pasangan baru.

Setiap kali kita berbicara tentang keluarga bahagia, selalu mengkaitkan dengan istilah sakinah, mawadah, wa rahmah. Tiga kata yang acap diringkas dengan sebutan Keluarga Sakinah. Sebenarnya apa makna sakinah, mawadah dan rahmah? Bagaimana pula ciri keluarga yang dikatakan sakinah?



Sebagaimana diketahui, kata sakinah, mawadah dan rahmah itu diambil dari firman Tuhan:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri (pasangan) dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram (sakinah) kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih (mawadah) dan sayang (rahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (Ar Rum : 21).

Keluarga sakinah berarti keluarga yang semua anggotanya merasakan ketenangan, kedamaian, keamanan, ketenteraman, perlindungan, kebahagiaan, keberkahan, dan penghargaan. Mawaddah adalah jenis cinta membara, perasaan cinta dan kasih sayang yang menggebu kepada pasangan jenisnya. Rahmah merupakan jenis cinta dan kasih sayang yang lembut, terpancar dari kedalaman hati yang tulus, siap berkorban, siap melindungi yang dicintai, tanpa pamrih “sebab”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar