Kamis, 09 Mei 2013

Alam, Keindahan Lahir Dan Batin


Kalau untuk bicara keindahan tidak akan ada habisnya, terutama keindahan alam. Allah menciptakan keindahan ini begitu luas tanpa membayarnya. Kita hanya bisa mensyukuri dan menikmati keindahan tersebut. Dengan lautnya yang biru, langitnya yang luas, pegunungan yang ada dimana-mana membuat semuanya sejuk. Pepohonan yang rindang menambah suasana hati menjadi tenang.


Dari keindahan alam tersebut kita juga meluapkan emosi kita dengan melakukan kerajinan tangan seperti seni lukis. Yang keindahannya pun tidak kalah indah. Alam yang kita duduki sekarang bisa jadi kalah indah dengan alam yang akan kita jalani setelah mati nanti. Dengan surga Allah akan mengalahkan semua bentuk keindahan.

Hendaklah keindahan lahiriah yang mempesona diikuti usaha memperindah batin yaitu dengan beribadah, berdzikir, melakukan pengawasan diri (muraqabah), ikhlas tawakal dan membenarkan segala sesuatu yang datang dari Allah ‘Azza wa jalla.

Dengan demikian, terciptalah paduan keindahan lahiriah dan kesucian batin serta cahaya diatas cahaya. Banyak bersyukur atas apa yang telah Allah kasih terhadap keindahan alamnya, dengan rasa syukur itu kita dapat merasakan indahnya alam surga seperti apa yang Allah janjikan.

Demi Allah SWT, ia adalah negeri yang berkilau kemilau dan berbau semerbak dengan sungai yang terus mengalir dan buah-buahan bersusun hijau serta istri-istri nan cantik jelita. Disana ada pohon sidir yang tidak berduri, buah pisang yang bersusun-susun, pohon rindang membentang dan air yang tertuangkan.

Disana mereka makan dan bersenang-senang, tidak pernah buang air, hanya mengeluarkan bau kesturi, disana mereka tertawa dan tidak pernah menagis, disana mereka menetap dan tidak pernah berpindah, disana mereka hidup dan tidak pernah mati. Disana terdapat kesenangan abadi, segala sesuatu yang indah dan merekapun melihat wajah Allah SWT Yang Maha Mulia lagi Maha Pemberi.

Disanalah wahai hamba Allah SWT terdapat sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tidak pernah terbentik dalam hati manusia. Inilah gambaran tentang surga yang indahnya mengalahkan segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar