Kamis, 09 Mei 2013

Akibat Kesombongan

Menurut Riwayat Muslim, Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.
Menurut Fathul Bari, Sombong adalah keadaan seseorang yang merasa bangga dengan dirinya sendiri. Memandang dirinya lebih besar dari pada orang lain. Sehingga kesimpulannya adalah sombong adalah suatu sikap dimana kita merasa lebih dari orang lain, sehingga kita menjadi merendahkan orang lain. Menganggap diri lebih baik, lebih cantik, lebih kaya, atau lebih pintar dari orang lain sehingga menjadi meremehkan orang lain.

Sifat sombong atau tinggi hati juga sering diidentikkan dengan sifat suka pamer, sulit menerima kelemahan diri, sulit menerima kelebihan orang lain, dan tidak mau kalah.

Contoh :
Seorang pemuda yang kaya raya berthawaf mengelilingi Ka’bah dengan bantuan beberapa pengawalnya agar dapat melakukan ibadah itu  dengan leluasa, tanpa desak-desakan.


Beberapa tahun kemudian, seorang ulama melihatnya sedang mengemis dipinggiran jembatan. Ditanya, “Apakah yang terjadi?” Pemuda itu menjawab, “Dahulu aku menyombongkan diri ditempat yang seharusnya orang merendahkan diri, dan kini aku dihinakan Allah ditempat orang banyak menyombongkan diri.”


Sifat sombong pemuda itu menimbulkan kegelisahan dalam dirinya, membuat dirinya malu terhadap apa yang disombongkan. Yang berhak sombong itu Allah Semata. Sifat-sifat buruk yang lain juga dapat membuat kegelisahan yang tidak berujung pada kehidupannya. Semua itu hanya mengganggu kehidupannya, kesombongannya memalukan dirinya sendiri.


Maka jauhilah sifat sombong, seandainya telah muncul sifat menyombongkan diri kita dalam suatu hal maka lekaslah beristighfar memohon ampunan serta perlindungan dari Allah dan kita juga perlu menyadari bahwa semua yang telah Allah ciptakan dan berikan baik itu kaya miskin, lapang sempit, turunan, fisik dan lain sebagainya merupakan variasi dalam hidup ini dan sebaik-baik dari kita di sisi Allah Swt. adalah orang yang paling bertakwa, bukan orang yang hartanya banyak, bukan orang yang pangkatnya tinggi dan bukan pula orang yang berwajah tampan dan cantik.

Semoga Allah Swt. memberikan kita kekuatan untuk menghilangkan sifat sombong dalam diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar