Rabu, 23 Desember 2009

investasi

INVESTASI

TRANSAKSI BISNIS TANPA KOMISI

Jual beli bisnis kini lebih efektif dan efisien melalui media internet


Tren dalam proses jual beli bisnis mulai dari menawarkan sampai transaksi akan mengalami reformasi sehubungan makin terbukanya sistem informasi, mudah diakses, dan bordeless serta munculnya kesadaran akan model jual bisnis baru.

Di Indonesia saat ini sudah ada model brokerage tanpa komisi transaksi dimana calon penjual atau pembeli dapat langsung mendaftar.

Akan terjadi transisi menuju proses jual beli bisnis yang lebih transparan tanpa meninggalkan kode etik dan kerahasiaan pemilik dan identitas bisnisnya sendiri. Kesalahan dalam proses menjual bisnis akan terkoreksi dengan berjalannya waktu dari ketidaktahuan sampai terjadi pemahaman lebih cerdik dalam proses jual-beli bisnis.

Kami merasa terpanggil untuk mengedukasi pebisnis dalam proses ini. Mereka boleh piawai menjalankan bisnis, tetapi mereka belum tentu berpengalaman atau faham cara menjual bisnisnya. Tetapi semua akan bertumbuh dan makin dewasa dalam proses jual beli bisnis ini.

Perlu diketahui bahwa penggunaan internet dinegara kita tumbuh pesat hingga mencapai 20 jutaan tahun ini. Dengan demikian media internet menjadi sangat potensial. Bahkan diAmerika Serikat media cetak mengalami penurunan oplag karena masyarakat membaca berita melalui e-news yang tersedia dimana-mana.


Model intermediasi

Di Indonesia saat ini sudah ada model brokerage tanpa komisi transaksi dimana calon penjual atau pembeli dapat langsung mendaftar dan membayar paket untuk membantu dalam proses menawarkan kepada publik.

Nilai paketnya sendiri relatife murah, bahkan lebih fokus sebagai media intermediasi jual beli bisnis dan tidak tercampur dengan produk lain.

Ada beberapa kelebihan menjual bisnis melalui model brokerage.

Image anda menjual bisnis ditempat yang tepat sehingga menimbulkan persepsi yang tepat bahwa ini adalah bisnis barang atau property. Hal ini penting karena anda sebagai penjual bisnis ingin menjual dengan harga yang baik, maka cara penempatan selama menjual harus ditempat yang menimbulkan citra positif.

Kalau anda menjual barang pun tentu akan memilih tempat yang cocok untuk segmentasi dan placement yang tepat bukan? Prinsip sederhana “jangan bisnis anda dipersepsi seperti barang bekas”.

*Murah karena tanpa komisi transaksi
Tanpa komisi transaksi, dan menggunakan website lebih hemat, serta bisa mejabarkan bisnis yang dicari atau dijual dengan lebih leluasa.

*Akses lebih luas
Dengan penayangan di website maka akan lebih mudah diakses kapan saja dan dari mana saja termasuk dari luar negeri. Anda sebagai pemilik bisnis atau pencari bisnis cukup menjabarkan profil bisnis yang ingin dijual atau dicari kemudian kerahsiaan pemilik atau identitas bisnis juga diproteksi.

Kemudian ditayangkan atau dibantu dengan sales effort sehingga menarik calon investor lebih banyak. Dengan demikian peran intermediasi dengan model bisnis ini adalah meningkatkan probabilitas terjadinya transaksi langsung. Penyaringan terhadap calon investor tetap dilakukan karena hanya calon investor atau penjual bisnis serius yang akan dihubungkan kepada anda.

*Aman
Dengan intermediasi melalui website maka tidak dibutuhkan sang broker yang mempunyai jaringan terbatas dan beresiko terhadap kerahasiaan bisnis anda. Anda dapat mengendalikan informasi yang akan diberikan bila menghadapi calon investor sesuai dengan keseriusan mereka.

Menarik investor

Anda punya kesempatan untuk menjabarkan daya saing bisnis anda kepada publik dari pada sekadar menuliskan jenis atau banyak aset berwujud properti saja. Hal ini yang masih lemah kami perhatikan pebisnis dalam menjual bisnis kepada publik.

Memang bisnis model intermediasi ini masih baru karena kita sudah terbiasa bertahun-tahun jual beli properti melalui sang broker, maka agak bingung pada awalnya bila disampaikan broker tidak memungut komisi dan tidak ada ‘manusia broker’-nya. Bisnis model intermidiasi ini sudah lazim dan banyak dipakai diluar negeri dan akan menjadi tren di Indonesia.

Sebagai pebisnis anda bisa punya pilihan baru yang inovatif, murah, aman, jaringan luas dan kesempatan diakses investor atau pebisnis dari mana saja dan kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar